Kamis, 18 Oktober 2018

merakit ulang spul pengapian DC motor cb, gl, mp

Cara merakit ulang atau menggulung ulang spul pengapian pada motor GL Neotech atau MP.

Alat dan bahan yang dibutuhkan-
Hai guys.... apa kabar nih hari ini. Semoga selalu kabar baik yang kita dapat dari Tuhan YME yaa guys.
Kok “guys” yaa... panggil lur saja dah, biar tambah nyambung dengan apa yang akan kita bahas kali ini.. yaitu tentang pengapian DC, merakit ulang atau menggulung ulang spul pengapian pada motor GL Neotech atau MP.
Sebelum kita membahas pokok pembahasan, kita siapkan dulu alat yang kita butuhkan.
1. Spul uk 0.8mm (2ons)
2. Solder dan tinulnya
3. Lem G.

Ingat posisi kabel kuning dan putih-
Langsung saja pada pokok pembahasan yaa lur. Hal utama yang harus diingat dan tidak boleh dilupakan saat membuka spul pada dek kiri adalah posisi kabel kuning dan putih. Jika sudah terlanjur lupa, karena sudah lebih dulu buka spul dari pada buka blog ini tidak apa-apa. Kita tinggal milih aja nanti strum yang mana yang lebih besar. Strum yang lebih besar kita jadikan spul pengisian lur. Masuk ke kiprok.
Lihat gambar dibawah.



Gambar di atas, tampilan depan spul, kabel kuning dan putih ada di tampilan belakang. Kita ingat saja posisinya.

Lihat arah kumparan-
Silahkan dibuka dulu spulnya lur. Jika sudah langsung saja kita lihat arah kumparannya atau lilitan kabel spul yang kita buka tersebut. Buka kumparannya dan diingat, atau lebih amannya, setelah kita buka lilitan/kumparan spulnya. Kita gulung lagi seperti semula, pakai yang bekas itu tadi satu lilitan saja. Tidak usah banyak-banyak, kan hanya sebagai contoh saja biar tidak lupa dan tidak salah dalam menggulung ulang nanti. Karena jika kita menggulungnya salah arah, maka strum tidak akan keluar. Jadi hati-hatilah... heheheehe . santai saja lur. Jika kita teliti insyaallah tidak akan terjadi kesalahan.


Bersihkan dulu rumah spulnya-
Sebelum menggulung ulang kita bersihkan dulu rumah spulnya. Saat menggulung, sediakan lem G nya, untuk ngelem hasil gulungan yang kita gulung agar tidak lepas/kendor lagi, lem lah saat kita mau istirahat atau jika gulungan sudah penuh. Setelah selesai atau kumparannya sudah penuh, lukai spul baru tersebut untuk disambung ke terminal yang kita potong di awal. Pakailah solder agar penyambungan efektif. Lakukan sampai semua kumparan penuh dan solder.
Lihat gambar dibawah


Setelah selesai, di cek percikannya-
Setelah selesai. Pasang kembali dan di tes strumnya dengan cara menempelkan kabel warna putih dan kuning tersebut ke massa/ground (digerak-gerakkan) kemudian di starter motornya (busi dibuka dulu biar gak berat staternya) dan lihat percikan yang kluar dari kabel tersebut. Jika belum keluar, dicek lagi solderan yang kita solder tadi, pastikan kabel spul dilukai terlebih dahulu kemudian di solder. Karena kabel spul memiliki isolator listrik yang melekat, jadi kita hilangkan dulu isolator tersebut.

Sekian dari saya lur. Semoga bermanfaat. Semoga berhasil.

NB: Jika kurang jelas silahkan isi kolom komentar di bawah. Nanti saya reply.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CDI bermasalah ?? Ini Penyebabnya....

Selamat pagi teman-teman.. CDI Bermasalah- Bertemu lagi dengan saya, ok kali ini saya akan membahas tentang masalah yang sering terjad...