Jumat, 09 November 2018

Cara Cepat Membongkar Blokkop Mesin Honda CB, GL,MP,Tiger.

Cara Cepat Membongkar Blokkop Mesin Honda CB, GL,MP,Tiger.
Halo teman-teman... kali ini saya akan membahas tentang cara membongkar blokkop mesin CB, GL, MP, dan tiger. saya sebutkan sedemikian karena mesin motor tersebut tergolong sama.
Ok langsung saja pada pokok pembahasan.
Pertama kita siapkan alat yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Kunci T 8, 12 & 14
  2. Obeng min
  3. Kunci L

itu saja alat yang kita butuhkan. Karena mesin yang akan saya bahas kali ini sudah lepas dari motornya. hehehe.. biar gk terlalu panjang pembahasannya teman-teman.

Pertama Pastikan Mesin dalam posisi TOP.
Sebelum mengendorkan baut sunduk, kita harus memposisikan mesin dalam posisi TOP (piston berada di TMA (titik mati atas)). Caranya buka cover sebelah samping penutup baut magnet pada kalter sebelah kiri, untuk memutar askruk. Dan buka juga cover sebelah atas  pada kalter kiri untuk melihat Garis posisi TOP. Kemudian gunakan Kunci T 14 untuk memutar askruk agar piston atau seher sambil melihat garis yang ada Tulisan T (jika motor masih STD pabrik. Posisikan garis tersebut hingga benar-benar di tengah. Setelah itu lanjut ke step selanjutnya..


Buka baut sunduk
Buka 4 baut sunduk pada mesin menggunakan Kunci T 12 (bukan bautnya yaa teman-teman, hehehe... tapi murnya). Cara mengendorkannya harus silang, misal baut tersebut diberi nama baut 1 2 3 4. Kita mengendorkannya misal mulai dari 1, urutannya  adalah 1-4-2-3 itinya kita harus silang. Begitu juga cara mengendorkannya, Harus silang. Dan jangan lupa Buka Baut L nya teman teman.


Buka Rantai Camrat
Setelah selesai mengendorkan 4 baut sunduk. Kemudian buka cover penutup ger timing camrat. Kendorkan kamrat terlebih dahulu. kemudian buka baut pengikat ger timing dengan noken dan lepaskan camrat tersebut, biarkan jatuh ke dalam.
Setelah camrat terlepas, dan baut-baut pengikat semua sudah dibuka. Langsung saja kita buka secara wungkulan (blok dan kop masih dalam posisi menyatu) Agar lebih cepat. Menggunakan Obeng Min dengan cara dicungkil. dan Selesai.


sampai disini saja tentang cara membongkar blokkop CB, GL, MP, Tiger yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CDI bermasalah ?? Ini Penyebabnya....

Selamat pagi teman-teman.. CDI Bermasalah- Bertemu lagi dengan saya, ok kali ini saya akan membahas tentang masalah yang sering terjad...