Jumat, 16 November 2018

Fungsi Memajukan Pick-up


Fungsi memajukan Pick-up- Memajukan pengapian atau Memindah pick-up pulser memang sudah sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna motor akhir-akhir ini. Mungkin sebagian dari mereka mengetahui apa tujuan dan apa manfaatnya memajukan pick-up pulser. Lebih tepatnya ... apa sih
Fungsi memajukan pick-up itu???..

Apa pick-up pulser itu?- pick-up pulser merupakan tonjolan yang berada pada magnet. yang berfungsi untuk mengirim sinyal kepada CDI dengan perantara Pulser untuk memberikan informasi kapan akan dilaksanakan pengapian. Pengapian yang tepat akan memberikan performa yang bagus terhadap tenaga mesin kita. Dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, mengubah Pick-up pulser jangan sembarangan, lakukan penghitungan dengan tepat menggunakan alat ukur. Karena jika terlalu maju akan terjadi detonasi atau akan ada bunyi nglitik pada mesin.
Fungsi Memajukan Pick-up- Memajukan Pick-up fungsinya atau manfaatnya adalah memajukan pengapian. Pengapian yang terlalu dini atau kurang maju tenaga yang dihasilkan mesin kurang kuat atau kurang bertenaga. Jika kita ingin memajukan atau mengubah pick-up pulser sebelumnya kita pahami dulu pengapian apa motor kita ? 
Pengapian motor DC dan AC cara memajukan pengapiannya berbeda. Berbanding terbalik. Pada motor pengapian DC yang di tambah tonjolan pick-up pulsernya adalah yang bagian depan (istilah depan --> depan = lawan arah jarum jam). Dengan cara di las di bagian depan pick-up pulsernya, kemudian sama ratakan seperti STDnya. Misal dimajukan sebanyak 2mm, maka bagian pick-up belakang harus dikurangi  sejumlah 2mm juga. Intinya berapa banyak kita memajukan pick-up harus sama banyaknya kita mengurangi pick-up bagian belakang. Panjang pick-up pada magnet tersebut harus sama dengan standartnya. Jika tidak akan terjadi error pada CDI, karena SCR CDI akan menerima sinyal yang berbeda dari biasanya.

CDI dan Pick-up Pulser- CDI itu bermacam-macam, Ada CDI yang pengapiannya bisa di atur secara manual. Pengapiannya di atur di CDI bukan di Pick-up. CDI yang seperti itu memang lebih efisien, tetapi yang jadi masalahnya adalah harganya mahal broo.... hehe. Seperti CDI BRT, REKTOR dll. Cara mengatur titik pengapiannya bisa dengan mudah kita lakukan di CDI tanpa harus mengubah Pick-up pulser pada magnet.
Bagi yang tidak menggunakan CDI seperti yang dijelaskan di atas. Cara pengubah titik pengapiannya yaa dengan cara mengubah pick-up pulser yang tadi sudah di bahas itu..

Kesimpulan Fungsi Memajukan pick-up pada magnet adalah mengubah sudut pengapian yang awalnya 15 derajat sebelum TMA busi sudah mengeluarkan percikan bunga api, itu dimajukan. Karena pembakaran pada waktu 15 derajat sebelum TMA masih terlalu dini. dan manfaatnya adalah menambahnya tenaga mesin, atas bawahnya ngisi (gas tinggi dan gas rendah tenaganya sama-sama kuat).

sampai disini saja. Semoga bermanfaat.  dan terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CDI bermasalah ?? Ini Penyebabnya....

Selamat pagi teman-teman.. CDI Bermasalah- Bertemu lagi dengan saya, ok kali ini saya akan membahas tentang masalah yang sering terjad...