Sabtu, 08 Desember 2018

Sistem Suspensi Mobil - Pengertian, Fungsi dan Komponen-komponennya


Selamat malam guys..  masih tetap di dunia otomotif nih.
Ok.. malam ini saya akan menjelaskan tentang Sistem Suspensi Pada Mobil, yaitu Pengertian Sistem Suspensi, Fungsi Sistem Suspensi dan Komponen-komponennya. Perlu diketahui guys.. untuk kenyamanan berkendara pada kendaraan ringan seperti mobil, truk dan sejenisnya maka dilengkapi dengan sistem suspensi. yuk simak fungsi dan kompoennya di bawah ini.

Pengertian Sistem Suspensi - Sistem suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan atau getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dalam berkendara dan pengendalian kendaraan. Sistem suspensi terletak di antara kendaraan dan roda-roda dan dirancang untuk menyerap kejutan dari permukaanjalan sehingga menambah kenikmatan dan stabilitas berkendaraan serta memperbaiki kemampuan cengkram roda terhadap jalan.

Fungsi Sistem Suspensi - Sistem Suspensi secara detail memiliki 3 fungsi yaitu sebagia berikut :

  1. Selama berjalan : Kendaraan secara bersama-sama dengan roda menyerap getaran, osilasi, dan kejutan dari permukaan jalan, hal ini untuk melindungi penumpang dan barang agar aman, serta menambah kenyamanan dan stabilitas.
  2. Memindahkan gaya pengereman dan gara gerak ke bodi melalui gesekan antara jalan dengan roda-roda.
  3. Menopang bodi pada aksel dan memelihara letak geometris antara bodi dan roda-roda.


Komponen Sistem Suspensi - Sistem Suspensi terdiri dari beberapa komponen-komponen utama, yaitu :

  1. Pegas
  2. Shock Absorber/Peredam Getaran
  3. Strut Bar
  4. Lateral Control Rod
  5. Bumper
  6. Suspension Arm
  7. Stabilizer/stabilisator
  8. Ball Joint
Kesimpulan - Fungsi Sistem Suspensi Pada Kendaraan adalah untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara atau penumpangnya. Kenyamanan yang dimaksud adalah kenyamanan dari getaran atau goncangan saat kendaraan berjalan, goncangan tersebut berasal dari mesin dan kondisi jalan yang tidak rata. Jangan lupa untuk Melakukan Pengecekan atau pemeriksaan terhadap komponen-komponen Sistem Suspensi untuk mengetahui keadaan komponen sistem suspensi apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Ok guyss... sampai disini saja malam ini. Post tentang Sistem Suspensi Pada Mobil. Semoga apa yang saya tulis malam ini selalu memberikan manfaat bagi kalian semua.
Terima kasih sudah berkunjung.. :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CDI bermasalah ?? Ini Penyebabnya....

Selamat pagi teman-teman.. CDI Bermasalah- Bertemu lagi dengan saya, ok kali ini saya akan membahas tentang masalah yang sering terjad...