Jumat, 07 Desember 2018

FUNGSI DAN PRINSIP KERJA SISTEM PENDINGIN


Sistem Pendingin

FUNGSI DAN PRINSIP KERJA SISTEM PENDINGIN
Sistem pendingin - adalah suatu rangkaian untuk mengatasi terjadinya panas yang berlebuhan pada mesin (overheating) agar mesin bias bekrja secara stabil. Pada mesin bensin, energy yang terkandung dalam bahan bakar diubah menjadi energy gerak melalui prosese pembakaran. Proses pembakaran akan menghasilakan panas yang kemudian diubah menjadi tenaga mekanis.
Dari panas yang dihasilkan, hanya sekitar 25% yang digunakan sebagai tenaga penggerak. Sisanya 30% diserap oleh mesin itu sendiri, 45% hilang bersama gas buang dan hilang katena adanya gesekan pada mesin itu sendiri.
Untuk mencegah terjadinya panas berlebihan pada mesin (overheating) yang dapat merusak komponen-komponen mesin, maka dibuatlah system pendingin mesin. Sistem pendingin pada mobil memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk menurunkan temperature pada mesin yang terjadi dari proses pembakaran. Scara umum, fungsi system pendingin adalah sebagai berikut :
  1. Mencegah Terjadinya Overheating - Panas yagn dihasilkan oleh pembakaran campuran bahan bakar dengan udara mencapai temperature sekitar 2500oC pada ruang bakar. Panas yang cukup tinggi ini dapat merusak logam atau bahian lain yang digunakan pada motor, hal ini disebabkan  karena ligam dan minyak pelumas pada suhu yang tinggi akan merusak kompinen-komponen pada mesin dan apabila motor tidak dilengkapi dengan system pendingin dapat merusak bagian-bagian dari motor tersebut.
  2. Mempertahankan Temperatur Motor - Temperatur motor harus dipertahankan, agar selalu pada temperature kerja yang efisien (80oC-90oC). Hal ini dapat dilakukan dengan menyerap panas yang digasilkan oleh proses pembakaran yagn berlebihan. Berputarnya kipas pendingin ketika mesin dalam kindidi panas, dan katup thermostat yang membuka dalam kondisi mesin pada suhu kerja.
  3. Memanaskan Ruangan Penumpang di dalam Ruang Penumpang - Mempermudah pencapaian suhu kerja pada awal pengoperasian mesin.
  4. Mempercepat Motor  Mencapai Temperatur Kerja - Memanaskan ruangan di dalam ruang penumpang berlaku pada Negara yang mengalami musin dingin.
    Sistem pendingin bekerja dngan menfrikulasikan cairan pendingin (campuran air dan cairan kimia pencegah korosi), melalui mentel pendingin yang berada di blok silinder dan kepala silinder. Cairan pendigin yang panas dari mesin dialirkan ke radiator dan didinginkan melalui sirip-sirip yang terdapat pada radiator.
    Cairan pendingin yang sudah dingin di bagian bawah radiator dialirkan kembali ke dalam mesin melalui pipa bawah radiator, begitulah seterusnya proses sirkulasi cairan pendingin berlangsung.
    Aliran udara yang melalui sirip-sirip pad aradiator dibantu dipercepat dengan isapan dari kipas yang diputar oleh putaran mesin melalui sabut kipas pada pulley poros engkol atau dengan motor listrik. Selain memutar kipas, sabuk kipas berfungsi untuk memutar pompa cairan pendingin (mensirkulasikan cairan pendingin).
Baca juga artikel tentang otomotif motor :
--> Merakit spul pengapian pada motor.
-->>Fungsi Memajukan Pick-up Pengapian Motor
-->>Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CDI bermasalah ?? Ini Penyebabnya....

Selamat pagi teman-teman.. CDI Bermasalah- Bertemu lagi dengan saya, ok kali ini saya akan membahas tentang masalah yang sering terjad...